Tomohon

Pj Bupati Minahasa Terima Penghargaan IPS Kategori Baik dari BPS Sulut

699
×

Pj Bupati Minahasa Terima Penghargaan IPS Kategori Baik dari BPS Sulut

Sebarkan artikel ini
Minahasa, Noudy Tendean, Sulut
Pj Bupati Minahasa Noudy Tendean menerima penghargaan dari BPS

MINAHASA–Penjabat (Pj) Bupati Minahasa Dr Noudy RP Tendean SIP MSi, Senin (21/10/2024) menerima Penghargaan Pemerintah Daerah dengan Indeks Pembangunan Statistik (IPS) 2024 Kategori baik melalui kegiatan Rapat Koordinasi Daerah Statistik Sektoral Badan Pusat Statistik se-Provinsi Sulawesi Utara, di Mercure Manado Tateli Beach Resort.

Kegiatan dibuka langsung oleh Inspektur Utama Badan Pusat Statistik, Republik Indonesia Dr Dadang Hardiawan SSi MSi dihadiri para kepala daerah se-Sulawesi Utara Kepala BPS Kabupaten dan Kota.

Kepala BPS Sulawesi Utara Aidil Adha SE ME dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan RAKORDA ST2023 bertujuan untuk memeriksa data dan tabulasi hasil Pendataan Survei Ekonomi Pertanian 2024 yang melibatkan seluruh jajaran mulai dari BPS Pusat sampai BPS Kabupaten dan Kota serta para stakeholder terkait. Keberhasilan kegiatan ini sangat tergantung koordinasi dan kolaborasi antara BPS Pusat, BPS Provinsi dan BPS Kabupaten dan Kota serta instansi terkait untuk menghasilkan data Survei Ekonomi Pertanian 2024 yang berkualitas.

‘’Melalui kegiatan ini, saya menyampaikan bahwa BPS se-Sulawesi Utara telah selesai melaksanakan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral periode tahun 2024 di mana kegiatan ini bertujuan untuk mengukur kemajuan dan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral pemerintah daerah. Output dari kegiatan ini adalah Indeks Pembangunan Statistik yang mendukung tujuan Satu Data Indonesia dan Sistem Statistik Nasional,’’ katanya.

Aidil Adha mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Utara, di mana terdapat 6 Pemerintah Kabupaten dan 4 Pemerintah Kota yang telah berhasil meraih Indeks Pembangunan Statistik (IPS) berkategori Baik.

Capaian ini menunjukkan semakin meningkatnya kualitas data statistik sektoral yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam perencanaan maupun perumusan kebijakan pembangunan daerah secara berkelanjutan dan kolaborasi yang solid antara BPS Kabupaten Kota dengan Pemerintah Daerah se-Sulawesi Utara.

Turut mendampingi Penjabat Bupati Minahasa, Kadis Kominfo Minahasa Maya Marina Kainde SH MAP dan Kabag Prokopim Setda Kabupaten Minahasa. (ric)