Pilkada SulutPolitikSitaro

KPU Sitaro Gelar Debat Terbuka Pertama Paslon Bupati dan Wakil Bupati

801
×

KPU Sitaro Gelar Debat Terbuka Pertama Paslon Bupati dan Wakil Bupati

Sebarkan artikel ini

SIAU, gosulut.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro) menggelar debat terbuka pertama antar pasangan calon bupati dan wakil bupati di Auditorium Pemerintah Daerah Kabupaten Sitaro, Kelurahan Ondong, Kecamatan Siau Barat, Rabu ( 16/10/2024).
Debat ini melibatkan pasangan calon nomor urut 1 Chintya Kalangit dan Heronimus Makainas, serta nomor urut 2, Evangelian Sasingen dan Liem Hong Eng.

Ketua KPU, Stevanus Kaaro

Momen yang dinantikan masyarakat Sitaro ini dipandu oleh Jenetia Nikita Pangerapan, dengan moderator Meneshia Lesawengen S.I.P (host TVRI Manado. Ketua KPU Sitaro, Stevanus Kaaro yang membuka acara menyampaikan pentingnya debat sebagai sarana bagi paslon untuk memaparkan visi, misi, dan program unggulan mereka.
“Kita mendengarkan informasi visi misi dan program dari setiap paslon Bupati dan Wakil Bupati,” ujar Kaaro.

Pasangan calon Chyntia Kalangit dan Heronimus Makainas

Ia menambahkan, momen ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menilai dan menentukan hak pilihnya. KPU Sitaro mengusung tema “Pembangunan Kabupaten Kepulauan Sitaro yang Berwawasan Lingkungan Berbasis Sektor Perikanan dan Kebaharian.” Debat ini menampilkan enam panelis: Prof. Dr, Ir Frans Gruber Ijong, MSC, dosen Politeknik Negeri Nusa Utara; Dr Viktory Rotty, M.Teol.,M.Pd, dosen Universitas Negeri Manado; Dr Dona Setiabudi, SH.,MH, dosen Fakultas Hukum Unsrat; Effendi Sondakh, M.SI, dosen FISIP Unstrat; Isyana Konoras, SH.,MH, dosen Universitas Khairun Ternate, dan Lisa Anjani Siwi, S.HI.,M.A, dosen IAIN Manado.

Pasangan calon Evangelian Sasingen dan Liem Hong Eng

Debat berlangsung dengan suasana yang meriah, disambut yel-yel dari masing-masing tim pendukung. Kedua paslon saling bertanya dan menjawab, dengan durasi waktu yang telah ditentukan oleh moderator.
Acara ini dihadiri oleh Ketua dan jajaran komisioner KPU, Ketua dan anggota Bawaslu, Sekretaris Daerah Kabupaten Denny Kondoj, kepala-kepala OPD Pemkab Sitaro, serta perwakilan TNI-Polri dan Forkopimda.(nov)