PemerintahanPendidikanSitaro

Pemkab Sitaro-Unsrat Jalin Kerjasama Strategis, MoU Ditandatangani Pj Bupati dan Rektor

764
×

Pemkab Sitaro-Unsrat Jalin Kerjasama Strategis, MoU Ditandatangani Pj Bupati dan Rektor

Sebarkan artikel ini

MANADO, gosulut.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) kembali menunjukkan komitmennya untuk memperkuat pemerintahan dan pembangunan daerah dengan menjalin kerjasama strategis bersama Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado.
Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) ini dilakukan oleh Pj Bupati Sitaro, Joi EB Oroh, dan pihak Unsrat, yang berlangsung di Manado.
Dalam MoU tersebut, ruang lingkup kerjasama mencakup berbagai aspek penting. Mulai dari pengembangan konsep pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan, hingga pendidikan dan pelatihan, serta pengkajian dan penelitian yang relevan dengan kebutuhan daerah.
Selain itu, kedua pihak sepakat untuk berkolaborasi dalam penyediaan tenaga ahli, pengabdian kepada masyarakat, dan pelaksanaan program Kampus Merdeka, yang bertujuan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di Sitaro.
Pj Bupati Sitaro, Joi EB Oroh, menyampaikan bahwa MoU ini merupakan langkah maju bagi Pemkab Sitaro dalam upaya mengoptimalkan potensi daerah, sekaligus menghadapi berbagai tantangan pembangunan ke depan.
“Kerjasama ini diharapkan menjadi pijakan penting dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, terutama dalam hal pengelolaan lingkungan dan peningkatan kualitas pemerintahan di Sitaro,” ujar Oroh.
Lebih lanjut, kerjasama ini akan diimplementasikan melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang lebih detail, khususnya dalam pendampingan tenaga ahli dan penyusunan dokumen penting seperti Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) 2025-2055 dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2025-2029.
Rektor Unsrat Prof Berty Sompie menyambut baik kolaborasi ini. Rektor menegaskan bahwa Unsrat siap memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan berbagai program kerjasama yang telah disepakati.
Kerjasama ini tidak hanya menguntungkan Kabupaten Sitaro, tetapi juga membuka ruang bagi mahasiswa dan akademisi untuk berkontribusi langsung dalam pembangunan daerah.
Kerjasama strategis ini merupakan salah satu langkah penting yang diambil oleh Pemkab Sitaro dalam rangka mendorong sinergi antara akademisi dan pemerintah daerah, guna menciptakan pemerintahan yang lebih inovatif dan pembangunan yang berkelanjutan.(stg/red)