Scroll untuk baca berita terbaru
unsrat t2
OlahragaSitaro

Juara Umum PBCC 2024, Sitaro Bawa Pulang Piala Bergilir Ketua Umum FPTI Sulut

715
×

Juara Umum PBCC 2024, Sitaro Bawa Pulang Piala Bergilir Ketua Umum FPTI Sulut

Sebarkan artikel ini

MANADO, gosulut.com – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) sukses meraih gelar Juara Umum pada ajang Palamik Birthday Open Climbing Competition 2 (PBOCC 2) yang berlangsung di God Bless Park Manado, 13-17 September 2024. Kejuaraan ini diadakan dalam rangka memperingati HUT ke-32 Pecinta Alam Ilmu Kelautan (Palamik) Unsrat Manado.
Di bawah kepemimpinan Ketua Umum James Tamo dan pelatih Taufik Bakulu, FPTI Sitaro berhasil membawa pulang Piala Bergilir dari Ketua Umum FPTI Sulawesi Utara, dr. Richard Sualang. Piala ini sebagai penghargaan tertinggi dalam kompetisi tersebut. Ini merupakan pertama kalinya FPTI Sitaro berhasil mengamankan piala bergengsi ini, seperti yang diumumkan oleh Ketua Umum Palamik Unsrat Manado, Dr. (can) Christian Maikel Eman, yang juga bertindak sebagai ketua panitia PBOCC 2.
FPTI Sitaro berhasil menyabet 11 medali yang terdiri dari 3 emas, 3 perak, dan 5 perunggu. Ketua Umum FPTI Sitaro, James Tamo, menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian luar biasa para atlet yang berasal dari daerah berjuluk “Negeri 47 Pulau” tersebut.
“Kemenangan ini merupakan hasil dari strategi yang matang serta perjuangan keras para atlet. Semoga mereka terus berkembang dan suatu saat bisa menjadi wakil Indonesia di kancah internasional,” ujar James Tamo setelah menerima piala bergilir.
Sekretaris FPTI Sitaro, Christian Harvey, juga menyoroti penampilan mengejutkan dari atlet-atlet yang tidak diunggulkan. “Banyak kejutan dalam kejuaraan ini. Beberapa atlet yang tidak diprediksi justru tampil dengan performa terbaik. Ini membuktikan bahwa anak-anak Sitaro memiliki talenta luar biasa,” katanya.
Keberhasilan ini semakin memperkuat posisi FPTI Sitaro sebagai salah satu kekuatan dominan dalam olahraga panjat tebing di Sulawesi Utara.
Dengan keberhasilan ini juga mendapat apresiasi Pemkab Sitaro, dan terus mendorong agar FPTI Sitaro semakin meningkatkan pelatihan serta pengembangan diri. “Pemkab Sitaro sangat mengapresiasi dan kiranya kedepan akan terus bersumbangsi bagi daerah,” ujar Pj Bupati, Joi EB Oroh.(stg/red)