Scroll untuk baca berita terbaru
unsrat t2
Tomohon

Ini Alasan Toar Polakitan Menyobek Absen Rapat Paripurna APBDP Tomohon 2024

1273
×

Ini Alasan Toar Polakitan Menyobek Absen Rapat Paripurna APBDP Tomohon 2024

Sebarkan artikel ini
Toar Polakitan, Tomohon, Partai Golkar, APBDP
Toar M Polakitan SE

TOMOHON—Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon Toar M Polakitan SE mengungkapkan alasan dirinya menyobek absen untuk Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon tentang Pengajuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) Kota Tomohon tahun 2024 Jumat (20/9/2024).

Menurut legislator yang sudah periode kedua duduk di DPRD Kota Tomohon itu, harusnya belum ada paripurna untuk membahas APBDP.

‘’Bagaimana mau membahas APBDP jika masih pimpinan sementara. Itu tidak bisa, karena tidak diperkenankan oleh aturan,’’ katanya seraya menambahkan tugas pimpinan sementara DPRD hanya memimpin rapat DPRD pertama kali, memfasilitasi pembentukan fraksi, serta memfasilitasi pemilihan pimpinan DPRD definitif sesuai PP Nomor 12 tahun 2018.

Dikatakannya, Partai Golkar tidak akan ikut membahas jika dibahas dan ditetapkan oleh pimpinan sementara karena melawan aturan. ‘’Nah, setelah saya lihat ada anggota dari Golkar sudah menandatangani absen, saya ambil lalu meminta kepada sekretariat untuk mengganti saja absen tersebut karena anggota dari Partai Golkar tidak akan membahas sebelum ada pimpinan definitif,’’ ungkapnya.

Namun, apa yang dimintanya untuk mengganti absen, tidak digubris. ‘’Kan tidak akan ikut membahas. Kenapa harus mengisi absen. Jadi, saya ambil sekalian absen itu lalu saya robek karena tidak diganti. Ini semata-mata untuk meyakinkan bahwa Golkar tidak akan membahas,’’ tegasnya.

Kenapa harus dirobek? ‘’Saya tidak mau absen itu disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Kami Golkar tidak mau terantuk lagi pada batu yang sama seperti tahun 2023 lalu cuma karena absen. Saya kira anggota DPRD periode 2019-2024 tahu apa itu,’’ kuncinya. (red)