Scroll untuk baca berita terbaru
unsrat t2
Pilkada SulutPolitikSulut

KPU Sulut Sosialisasi Tahapan Pilkada ke Pemilih Pemula

1746
×

KPU Sulut Sosialisasi Tahapan Pilkada ke Pemilih Pemula

Sebarkan artikel ini

Pilih Siswa MAN Model Manado dan Aktifis HMI Manado

MANADO, gosulut.com – Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 27 November mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut) gencar menggelar sosialisasi tahapan. Kali ini KPU Sulut menyasar kepada pemilih pemula: mahasiswa dan pelajar SMA di MAN Model Manado, Kamis (05/09/2024).
Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Sulut Lanny Ointu membuka agenda yang dihadiri ratusan pemilih pemula ini. KPU Sulut menghadirkan sejumlah kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Manado.
“Salah satu tujuan KPU Sulut adalah peningkatan partisipasi di pemilih pemula. Agenda ini memang sasaran kami adalah pemilih pemula,” ujar Lanny.
Komisioner KPU Sulut dua periode ini menambahkan, ke depannya KPU Sulut melibatkan lebih banyak stakeholders, termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat, untuk menyukseskan Pilkada 27 Nopember 2024.
Lanny juga meminta kepada siswa dan mahasiswa yang baru akan memilih, harus memastikan bahwa sudah terdaftar di daftar pemilih sementara. Pengecekan boleh secara online.
“Adik-adik cek melalui aplikasi apakah sudah terdaftar sebagai pemilih dan masuk TPS berapa. Hanya memasukkan NIK di KTP,” ungkapnya.
Lanny juga mengapresiasi masyarakat Sulut karena sudah beberapa kali KPU Sulut dan kabupaten/kota mendapatkan penghargaan KPU RI terkait dengan partisipasi pemilih. Contohnya pada Pemilu 2024, tingkat partisipasi pemilih di Kota Tomohon mencapai 83 persen, sementara KPU RI menargetkan 73 persen.
“Diharapkan pada Pilkada 2024 tidak hanya Tomohon tapi juga di 15 kabupaten kota lainnya, tingkat partisipasi pemilih meningkat,” ujarnya.
Dalam sosialisasi ke pemilih dalam kategori generasi Z ini menghadirkan narasumber antara lain komisioner KPU RI Periode 2018 – 2022 Ilham Saputra, pengacara muda Krisdianto Pranoto SH , dan aktivis kepemiluan Sulut Radinal Muhdar MM.(red)