Scroll untuk baca berita terbaru
unsrat t2
BirokrasiInfrastrukturMinahasaPemerintahan

Pemkab Minahasa Luncurkan Proyek Perubahan Website PROFIT DOLLAR

1423
×

Pemkab Minahasa Luncurkan Proyek Perubahan Website PROFIT DOLLAR

Sebarkan artikel ini
Penyerahan dokumen pembuatan website Profit Dollar oleh Kadis PUPR kepada Pj. Bupati Minahasa

TONDANO, gosulut.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa meluncurkan proyek perubahan melalui website PROFIT DOLLAR (Penerapan RDTR Mengelola Fasilitas Danau Tondano dan Lahan Sekitarnya). Peluncurkan oleh Penjabatv Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si., di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, Selasa (27/08/2024).
Sebagai referensi, PROFIT DOLLAR merupakan proyek perubahan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Minahasa Daudson E. A. Rombon, ST untuk Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) II. Menurut Rombon, proyek perubahan ini sebagai wujud kepedulian terhadap Danau Tondano dari pemerintah dan masyarakat
“Pemerintah dan masyarakat komit untuk menjaga dan melestarikan serta melaksanakan program penataan sekitar Danau Tondano,” kata Rombon.
Dijelaskan bahwa isu strategis yang diangkat dalam proyek perubahan ini adalah penerapan RDTR yang belum optimal dalam mengelola potensi ekonomi kawasan Danau Tondano.
“Isu ini diangkat karena antusias pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian ATR/BPN serta pemerintah daerah membuat instrumen pengendalian di sekitar Danau Tondano untuk mengendalikan pemanfaatan ruang di kawasan sekitar Danau Tondano,” bebernya.
Selain itu juga, kata dia, mengingat bahwa semakin menurunnya kualitas ekosistem dan pendangkalan danau, maka perlu ada upaya memaksimalkan potensi yang ada di sekitar Danau Tondano. Sehingga, sambungnya, instrumen pengendalian disempurnakan oleh RDTR Kawasan Sekitar Danau Tondano untuk penunjang potensi ekonomi yang berwawasan lingkungan.
“Tapi pada kenyataannya penerapan RDTR belum optimal karena masih adanya pemanfaatan ruang yang belum sesuai dengan RDTR sehingga pembangunan belum terarah. Hal ini kami jadikan isu strategis, dan menjadi Rancangan Proyek Perubahan kami untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan daya saing daerah,” ungkapnya.
Turut hadir dalam peluncuran website ini antara lain SKPD terkait, camat, akademisi, dan investor.(red)