Scroll untuk baca berita terbaru
unsrat t2
BirokrasiBolmong RayaNusa UtaraPemerintahanPilkada SulutPolitikSulut

4 Eselon II Pemprov ‘Mundur’, 3 Jadi Balonbup 1 Belum Jelas

2123
×

4 Eselon II Pemprov ‘Mundur’, 3 Jadi Balonbup 1 Belum Jelas

Sebarkan artikel ini
Limi Mokodompit (kiri atas), Rinny Tamuntuan (kanan atas), Sirajuddin Lasena (kiri bawah), dan Asripan Nani (kanan bawah)

MANADO, gosulut.com – Empat pejabat tinggi pratama atau eselon II Pemprov Sulut ‘mengundurkan diri’ dari jabatannya. Santer informasi bahwa pengunduran ini terkait dengan rencana mereka untuk maju di Pilkada Serentak November 2024 mendatang.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Dr Jemmy Kumendong telah mengonfirmasi ihwal informasi ini. “Iya, mereka berempat sudah mengajukan surat pengunduran diri. Mereka akan maju di Pilkada,” ujar Kumendong kepada gosulut.com lewat aplikasi pesan WhatsApp, Minggu (25/08/2024) malam.
Sementara Asisten III Bidang Administrasi Umum Fransiscus Manumpil ketika dihubungi mengaku proses administrasinya sedang diproses oleh BKD Sulut.
“Iya sudah diproses oleh BKD. Data lengkapnya ada di BKD,” kata Manumpil.
Berdasarkan data dari BKD Sulut, mereka yang mengajukan pengunduran diri adalah dr. Rinny Tamuntuan (Kadis Sosial), Limi Mokodompit (Kadis Lingkungan Hidup), Asripan Nani (Asisten II), serta Sirajuddin Lasena (Kadis Perpustakaan dan Kearsipan).
“Ibu dokter Rinny, Pak Limi, dan Pak Asripan mengajukan pengunduran diri dari jabatan karena memasuki batas usia pensiun (BUP) dengan TMT atau tanggal mulai terhitung 1 September 2024. Kalau Pak Sirajuddin diberhentikan dengan hormat sebagai PNS tanpa hak pensiun,” beber Manumpil mengutip data dari BKD Sulut. “Surat keputusan persetujuan ditandatangani oleh Pak Gubernur. Nanti akan ada proses selanjutnya di BKN,” tambahnya.
Sekadar referensi, tiga ‘mantan’ pejabat eselon II Pemprov Sulut ini sudah pasti diusung partai untuk pasangan calon di Pilkada Serentak nanti. Yakni, dr Rinny sebagai bakal calon Bupati Sangihe (berpasangan dengan Mario Seliang) dari PDI Perjuangan, Limi Mokodompit sebagai calon bakal Bupati Bolmong (berpasangan dengan Welty Komaling) dari PDI Perjuangan, dan Sirajuddin Lasena sebagai bakal calon Bupati Bolmong Utara (berpasangan dengan Aditya Pontoh) juga dicalonkan PDI Perjuangan. Sementara Asripan Nani belum ada informasi akan maju di Pilkada atau tidak, meski sebelumnya informasi santer bahwa mantan Sekdakab Bolmong Utara ini akan maju di kampung halamannya: Bolmong Utara.(arz/red)