Scroll untuk baca berita terbaru
unsrat t2
Minahasa

Hadiri Sholat Idul Adha di Kampung Jawa Tondano, Kumendong Ajak Teladani Nabi Ibrahim

1049
×

Hadiri Sholat Idul Adha di Kampung Jawa Tondano, Kumendong Ajak Teladani Nabi Ibrahim

Sebarkan artikel ini
Idul Adha, Minahasa, Jemmy Stani Kumendong
Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong MSi saat menghadiri Sholat Idul Adha

MINAHASA-Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong MSi Senin (17/6/2024) menghadiri Sholat Idul Adha 1445 Hijriah Tahun 2024 bertempat di Masjid Agung Al-Falah Kyai Modjo Kampung Jawa Tondano.

Saat membawakan sambutan, atas nama pribadi, keluarga, dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Kumendong menyampaikan selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024, kepada segenap umat muslim di Kabupaten Minahasa.

‘’Hari Raya Idul Adha adalah salah satu hari besar dalam agama islam yang penuh dengan nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan. Hari ini, kita mengenang kembali kisah teladan Nabi Ibrahim yang menunjukkan ketaatan dan kepatuhan yang luar biasa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang siap mengorbankan putranya, Nabi Ismail demi memenuhi perintah Allah,’’ kata Kumendong.

Namun lanjutnya, di balik kisah ini, Allah menunjukkan kasih sayangnya dengan menggantikan Nabi Ismail dalam pengorbanan tersebut dengan hewan, sehingga peristiwa ini bermakna keteladanan Ibrahim yang mampu mentransformasikan pesan keagamaan lewat aksi nyata ketakwaan kepada Allah.

Peristiwa yang harus dimaknai sebagai pesan simbolik agama, yang menunjukkan keikhlasan dan kepasrahan seorang Ibrahim pada titah Sang Pencipta.

Atas dasar spirit itu tambah Kumendong, peringatan Idul Adha dan Ibadah Qurban memiliki dua makna penting sekaligus. Pertama, makna ketakwaan manusia atas perintah sang khalik. Kedua, makna sosial, di mana hal ini bermaksud mendidik umat muslim agar memiliki kepekaan dan solidaritas tinggi terhadap sesama.

‘’Akan lebih indah pula bila nilai yang terkandung dalam peristiwa qurban itu, kita lestarikan dan kita terapkan pada diri kita, keluarga kita dan dalam membangun masyarakat dan Kabupaten Minahasa tercinta ini,’’ katanya.

Dalam konteks pembangunan daerah, Kumendong mengatakan semangat Idul Adha juga dapat dimaknai sebagai dorongan untuk bekerja lebih keras, lebih ikhlas, dan lebih bersemangat dalam membangun Kabupaten Minahasa yang lebih baik.

Sebagaimana Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang menunjukkan ketangguhan dan kesabaran dalam menghadapi ujian, umatpun harus siap menghadapi berbagai tantangan dan rintangan dengan penuh kesabaran dan semangat yang pantang menyerah.

‘’Selanjutnya saya mengajak seluruh masyarakat kabupaten minahasa, khususnya yang merayakan Idul Adha pada hari ini, untuk terus menjaga semangat kebersamaan dan kerukunan. Kabupaten Minahasa, dengan segala keberagaman suku, agama, dan budaya, telah membuktikan bahwa toleransi dan keharmonisan dapat terwujud jika kita saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Marilah kita jaga persatuan dan kesatuan ini demi kemajuan dan kesejahteraan bersama,’’ tukas Kumendong.

Mengakhiri sambutan, penjabat bupati mengajal untuk memperkokoh iman dan takwa kepada Allah Subhanahu Wa ta’ala, serta terus meningkatkan kualitas hubungan kita dengan sesama manusia. Semoga Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah ini menjadi momentum untuk menjadi pribadi yang lebih baik, lebih peduli, dan lebih bermanfaat bagi orang lain.

Usai sambutannya, Pj Bupati melakukan silaturahmi kepada Tokoh-tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Tondano Utara.

Turut Hadir Imam Besar Masjid Agung Al-Falah Kyai Modjo Tondano Ustad Hardianto Masuara, Khotib Ustat Muhammad Ayub Ansori Ketua BTM Junaidi Lababa, M.Pd, Ketua MUI Minahasa Habib Husein Assagaf.

Turut Mendampingi Pj Bupati Minahasa, Sahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Inspektur, Ka.Kesbangpol, Plt Kadis Naker, Kadis Perhubungan, Kadis Perpustakaan, Kabag Kesra, Kabag Prokopim, Camat Tondano Utara, Staf Khusus Bupati Bidang Keagamaan, Lurah Kampung Jawa Tondano.(ric)