Scroll untuk baca berita terbaru
unsrat t2
Bisnis dan EkonomiLingkunganPemerintahanPendidikanUnsrat

Faperta Unsrat Memulai Rangkaian Dies Natalis ke-64

1142
×

Faperta Unsrat Memulai Rangkaian Dies Natalis ke-64

Sebarkan artikel ini
Rektor Unsrat menunjukkan hasil pertanian perkotaan oleh Faperta Unsrat

MANADO – Rektor Unsrat Manado Prof. Berty Sompie menghadiri Dies Natalis ke-64 Fakultas Pertanian (Faperta) Unsrat Manado, di halaman Faperta Unsrat Manado, Jumat (3/5/2024).. Rektor menyebutkan tema yang diangkat pada peringatan Dies Natalis berupa agribisnis dan pertanian perkotaan, menunjukkan kontribusi Faperta untuk Unsrat dan Sulut pada umumnya
“Tema ini menunjukkan bagaimana Fakultas Pertanian berkontribusi dalam pengembangan pertanian sebagai sektor unggulan di provinsi Sulawesi Utara,” ujar Rektor.
Menurut Rektor, Faperta Unsrat juga terus menunjukkan komitmennya untuk mensuport Unsrat dalam membangun kolaborasi dan meningkatkan daya baik di tingkat nasional maupun internasional, antara lain melalui publikasi riset dan pelaksanaan seminar internasional uang berkontribusi pada jumlah artikel terindeks scopus.
Oleh karena itu, Rektor mengapresiasi prestasi yang telah diraih tersebut, dan berharap ke depan akan banyak lagi prestasi yang bisa dicapai. “Semakin banyak kontribusi fakultas untuk pertanian maju dan berkelanjutan sehingga Fakultas Pertanian dan Unsrat pada umumnya akan maju bersama, semakin unggul, berbudaya menuju world class university,” ujarnya.
Kepala Dinas Perkebunan Sulut Drs. Edwin Kindangen, M.Si saat membacakan sambutan Gubernur Sulut Prof. Dr. (Hc) Olly Dondokambey, SE menjelaskan, konsep agribisnis dan urban farming yang diangkat dalam tema diharapkan dapat berkontribusi untuk akselerasi pertanian maju dan berkelanjutan dalam upaya ketahanan pangan dan meningkatkan perekonomian daerah.
“Sebagai fakultas yang menyiapkan sumber daya manusia pertanian, telah diejawantahkan oleh civitas akademika Faperta Unsrat melalui berbagai pencapaian dan prestasi di bidang akademik dan non akademik,” kata dia.
Katanya, tema Dies Natalis tahun ini sangat relevan dengan tantangan dan peluang yang dihadapi sektor pertanian di zaman modern ini.
“Sebagai daerah yang kaya akan sumber daya alam dan keanekaragaman hayati, Sulawesi Utara memiliki potensi besar untuk memimpin inovasi dalam bidang agribisnis dan pertanian perkotaan,” sebut Gubernur.
Menurut Gubernur, kita semua tahu betapa pentingnya pertanian dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat serta dalam mendukung perekonomian dan pertanian berkelanjutan.
Namun, dengan populasi yang terus berkembang dan urbanisasi yang terus meningkat, ada tantangan besar yang harus dihadapi dalam memastikan ketahanan pangan dan keberlanjutan lingkungan.
“Di sinilah pentingnya konsep agribisnis dan pertanian perkotaan. Agribisnis membuka peluang bagi para petani untuk mengelola usahanya secara efisien dan berkelanjutan, sementara pertanian pertanian perkotaan memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan pangan di lingkungan perkotaan yang pada penduduk,” ujarnya.
Ketua Umum Panitia Ir. Jein Sumilat dalam laporannya menyebutkan, ada sejumlah kegiatan yang dilaksanakan dalam memperingati Dies Natalis tahun ini, yang berkolaborasi dengan pemerintah provinsi Sulut serta kota Manado dan kabupaten Minahasa Utara untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat.

Ketua IKA Unsrat, Ny Rita Maya Tamuntuan bersama panitia Dies Natalis Faperta

Ketua IKA Faperta Unsrat Manado Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan berharap lewat Dies Natalis ini silaturahmi civitas akademika semakin kuat dan berkembang serta menjadi momen untuk terus berkontribusi bagi perkembangan pertanian di daerah ini.
Dekan Faperta Unsrat Manado Ir. Dedie Tooy, M.Si, Ph.D menjelaskan tema ini merupakan implementasi kontribusi Faperta Unsrat dalam hal pengembangan pertanian sebagai sektor unggulan di daerah ini, agar daerah kita ini semakin maju dan berkelanjutan dalam upaya ketahanan pangan.(red)